+10 344 123 64 77

Sabtu, 19 Mei 2018

Soal USBN Matematika SMP 2018


Assalamu Alaikum Wr. Wb.
Sahabat seperjuangan guru-guru se-Nusantara.,
Bagaimana hasil USBN dan UNBK/UNKP di sekolah Bapak/Ibu? Semoga hasil yang dicapai oleh peserta didiknya sesuai dengan harapan dan tentu saja memuaskan. 
Terkait dengan tercapainya sistem  penilaian yang berkualitas, pusat penilaian pendidikan senantiasa menawarkan berbagai kebijakan-kebijakan dalam rangka mencapai target tersebut. Diantaranya terkait masalah Ujian Sekolah, sejak tahun pelajaran 2016/2017, ujian satuan pendidikan pada beberapa mata pelajaran ditingkatkan menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) pada jenjang SMP/SMA/SMK sederajat, sedangkan pada jenjang SD/MI USBN baru diterapkan
pada tahun pelajaran 2017/2018. Penyusunan soal USBN berdasarkan kisi-kisi yang ditetapkan BSNP. Pada beberapa mata pelajaran, 20% - 25% soal USBN berasal dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan 75% - 80% soal disusun oleh pendidik yang selanjutnya dikonsolidasikan di KKG/MGMP. Selanjutnya forum MGMP menyusun indikator berdasarkan panduan dan kisi-kisi, kemudian menyusun soal berdasarkan kisi-kisi, dan selanjutnya butir-butir soal tersebut dirakit menjadi naskah soal USBN Utama dan soal USBN Susulan setelah digabung dengan soal dari puspensik.

0 komentar:

Posting Komentar